Pohon Jabon Tabungan Masa Depan

Pohon Jabon tabungan masa depan


Pohon Jabon - pendapat diatas memang benar. Potensi pohon jabon bagaikan berkebun emas hijau, karena pohon jabon merupakan sebuah peluang usaha dan investasi aman dan menguntungkan. Pohon Jabon atau Antocephalus Cadamba merupakan tanaman kayu bahan baku industri yang pertumbuhanya paling cepat, selain itu Pohon jabon memiliki tekstur kayu yang bagus sehingga menjadikanya sebagai salah satu bahan baku industri kayu yang paling berkualitas. Kayu jabon biasa digunakan sebagai bahan baku utam industri-industri kayu olahan, seperti: plywood, blockboard, particle board, hingga peti kemas.


Selain tekstur kayunya yang bagus pohon jabon juga memiliki batang silinders dan lurus, sehingga sangat baik jika digunakan untuk pembuatan kayu lapis maupun kayu gergajian. Pohon Jabon dapat subur di hutan tropis dengan ekologi tumbuh pada :Ketinggian 10-2000m dpl, Curah hujan 1250-3000m/th, Perkiraan suhu 100 C 400 C, Kondisi tanah dengan PH 4,5 7,5. Sehingga pohon jabon sangat cocok jika digunakan untuk menghijaukan hutan-hutan yang gundul di wilayah Indonesia.

Kelebihan Pohon Jabon

Kayu jabon merupakan salah satu kayu yang paling bagus dibanding jenis kayu rimba lainya, Selain masa panen yang relatif cepat pohon jabon merupakan tanaman yang kebal terhadap hama penyakit. Dari hasil ujicoba yang telah dilakukan beberapa kelebihan Pohon Jabon jika dibandingkan dengan tanaman kayu yang lain adalah:
  • Diameter batang dapat tumbuh mencapai 10 cm/tahun
  • Masa produksi yang relatif singkat, hanya menunggu 4 sampai 5 tahun.
  • Berbatang silinder, tekstur kayu yang tidak berserat dan memiliki tingkat kelurusan yang sangat bagus.
  • Tidak perlu melakukan pemangkasan, karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri (self pluring)
Potensi Investasi Pohon Jabon

Budidaya Pohon jabon akan memberikan keuntungan yang besar apabila dikerjakan dengan serius dan benar, dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada pohon jabon setelah dipanen pada usia 5 sampai 6 tahun dengan asumsi harga terendah dan batang terkecil, pada setiap batang jabon diperoleh Tinggi batang yang bisa terjual rata-rata 12 m Diameter batang rata-rata 40 hingga 50cm maka tiap batang pohon jabon menghasilkan kayu yang bisa dijual sebanyak 1,5 kubik, sedangkan harga perkubik saat ini Rp 1.000.000,- Jadi harga 1 batang pohon jabon usia 8-10 tahun minimal seharga Rp 1.500.000. 

Menanam Pohon Jabon bagaikan berkebun emas hijau, sebab kebutuhan kayu akan terus meningkat, karena saat ini pemerintah melarang penggunaan kayu hasil tebangan hutan alam, akibatnya banyak industri tutup akibat kekurangan bahan dasar kayu, jadi bisa diprediksi dengan jelas, harga kayu jabon akan semakin meningkat terus. 


Informasi lebih lengkap mengenai program I-GIST Call: 081227566913 atas nama Riki Romdoni, atau KLIK DISINI

Tidak ada komentar: