Jutaan Pohon Jabon di Tanam di Bandung

Jutaan Pohon Jabon di Tanam di Bandung


Banyak cara yang dilakukan untuk menunjang program penghijauan dari pemerintah Salah satunya dengan melakukan penanaman besar-besaran di wilayah Indonesia yang bisa ditanami tanaman. Jutaan pohon Jabon di tanam di Kabupaten Bandung. Sungguh luar biasa program yang melibatkan masyarakat banyak ini dan juga dari berbagai lapisan masyarakat. 


CICALENGKA (GM) - CV Tuturubus Cicalengka, Kab. Bandung menargetkan penanaman 10 juta pohon jabon di sejumlah kabupaten di Jawa Barat. Hingga Selasa (7/8), sudah 3,3 juta pohon ditanam di Kab. Bandung, Garut, Sumedang, dan Kab. Majalengka. Penanaman pohon itu sudah dimulai sejak 2010.

Penanaman pohon jabon ini melibatkan 200 investor dan jumlahnya terus tertambah. Baik investor lokal maupun dari luar Kota Bandung yang ternyata banyak juga yang peduli dengan penghijauan di empat kabupaten tersebut.

Mereka menanamkan saham sebesar Rp 35 juta/ha untuk penanaman pohon jabon selama 5-6 tahun. Proses penanamannya pun melibatkan petani setempat sebagai pengelola. Nantinya keuntungan total sebesar Rp 1,5 miliar dibagi berdasarkan kesepakatan.

Manajer CV Tuturubus, Wawan Setiawan melalui Bidang Administrasi, Acuy Priatna mengatakan, 3,3 juta pohon itu tersebar di lahan seluas 1.500 hektare. Tapi tidak menutup kemungkinan lahan akan bertambah di kabupaten lainnya.

"Dari 3,3 juta pohon yang sudah ditanam itu, penanaman terluas di bagian selatan Kab. Bandung, yaitu 700 hektare dan sebagian lagi di tiga kabupaten," kata Acuy kepada "GM" di kantor CV Tuturubus Cicalengka, Senin (6/8) malam.

Disebutkan, terakhir penanaman pohon jabon dilakukan pada April 2012, bersamaan dengan berakhirnya musim hujan. "Wilayah yang paling gencar melakukan penanaman saat ini Sumedang dan Kab. Bandung," katanya.


Semoga dengan adanya program penghijauan dan pelaksanaan program penghijauan di berbagai wilayah di Indonesia mampu membuat masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat sadar dan bersedia untuk melakukan tindakan nyata untuk menanam pohon dan demi Indonesia supaya lebih hijat lagi.

Untuk bisa melaksanakan program menanam dan melaksanakan program penghijauan dengan hasil panen yang sangat memuaskan, anda bisa menghubungi +62 81227566913 (RIKI ROMDONI).

Sumber : dishut.jabarprov.go.id/ dan klik-galamedia.com/

Tidak ada komentar: